some beatiful paths can't be discovered without getting lost.....

  • Ketika Aku Kangen

    Hakekat kehidupan manusia adalah mandiri, karena lahir seorang diri dan pergi ke alam lain juga seorang diri. Terutama dipandang dari sudut pertanggungjawaban kepada Sang Pencipta. Kelahirannya memang atas sponsor sepasang manusia, yang jadi bapak dan ibunya, walaupun banyak juga yang tidak jelas (tahu) siapa bapak dan ibu kandungnya.
    Kelahirannya memang sering terikat dengan status anaknya ini, saudaranya itu, cucunya ini, ponakannya itu, tetangganya ini, temannya itu; kesemuanya, secara hakekat, hanyalah media untuk saling berbarter dalam amal atau dosa guna bekal menuju perjalanan ke alam berikutnya. Sekali lagi, hakekatnya kita adalah seorang diri.
    Namun dalam perjalanan di alam dunia ini, tanpa sadar kita terlena oleh status dan pelayanan. Status sebagai anaknya ini, adiknya itu, pacarnya ini, istrinya itu, orangtunya ini, dst. Pelayanan akan pengabdian dan kasih sayang menuju pemanjaan dan kenikmatan dunia. Sehingga munculah mentalitas yang MERASA tidak bisa hidup mandiri. Seperti kita pernah mendengar ungkapan ini :
    " Kau adalah belahan jiwaku..."
    " Separuh jiwaku pergi...."
    " Kaulah segalanya bagiku...."
    " Garwo, sigaraning nyowo " (Istri adalah belahan jiwa)
    " Hidupku goyah saat orangtuaku meninggal "
    " Aku tak bisa hidup tanpa dirimu... " (keluhan saat patah hati / pisah)
    Sebenarnya, proses pertumbuhan dan perkembangan manusia menuju pendewasaan dapat diartikan sebagai proses menuju kemandirian. Namun karena tumbuh rasa cinta dan memiliki pada apa-apa di dunia ini, membuat ke-ego-an kita tidak mau melepas obyek yang dimiliki atau dicinta tersebut. Bahkan dengan arogan sering mengatakan keberadaan obyek itu tidak tergantikan oleh obyek lain. Sehingga saat obyek itu pergi atau hilang, muncul putus asa dan kesedihan yang hamper tanpa solusi (karena tidak mau menerima pengganti). Fenomena ini dapat dilihat pada pasangan yang putus cinta, berpisah ruang (beda tempat), cerai, atau ditinggal pergi selamanya (baca: mati).
    Memang benar bahwa manusia dijadikan punya rasa suka/cinta kepada sejenisnya, sesama manusia. Namun alam dan seisinya juga merupakan obyek cinta, asalkan kita bisa memahami dan menikmatinya. Lihatlah, banyak orang sangat mencintai binatang kesayangannya, tanaman hias koleksinya, rumahnya, mobilnya, dll.
    Sehingga saat benda itu rusak atau hilang, rasanya seperti kehilangan manusia yang dicintainya. Rasa kehilangan yang amat sangat akan menimbulkan rasa kangen yang memuncak, sehingga sering melampiaskan dengan melamunkan obyek tersebut, melihat fotonya, membicarakan kesan saat bersamanya, dst. Kondisi ini perlu 'obat' agar tidak berdampak sistemik pada peri kehidupan kita di sisi yang lain, seperti hubungan bertetangga, suasana kerja, dll.
    Obat kangen dimulai dari memahami dan menyadari bahwa hakekat hidup kita ini sendiri, jadi wajar apabila kembali menjadi sendiri-an. Kedua, memahami bahwa dunia ini fana atau tidak ada yang abadi, yang datang tentu akan pergi, memiliki tentu akan kehilangan; sehingga keberadaan siapa-apa saja di sekitar kita hanyalah 'tamu' yang sewaktu-waktu dapat datang dan pergi. Kita wajib memperlakukan 'tamu' dengan cara yang baik dan memperoleh manfaat yang baik pula, guna bekal masing-masing menuju alam berikutnya. Ketiga, saat berpisah, ikhlas, percaya dan sabar. Ikhlas karena memahami hakekat tadi dan apapun yang terjadi sudah menjadi garis-NYA. Percaya, karena ketidakpercayaan akan menghasilkan kegelisahan. Sabar, karena perjumpaan kadang tertunda atau bahkan melalui media lain. Keempat, memahami bahwa cinta semesta dapat ditujukan pada semua hal, baik yang konkrit maupun abstrak, jadi kita tidak perlu kehabisan koleksi dari obyek-obyek cinta.
    Semoga kita termasuk orang yang mampu menikmati cinta dan kangen pada semesta ini.
    Share this post
    • Share to Facebook
    • Share to Twitter
    • Share to Google+
    • Share to Stumble Upon
    • Share to Evernote
    • Share to Blogger
    • Share to Email
    • Share to Yahoo Messenger
    • More...

    0 komentar

    mari berkomentar

    :) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

     
    © 2019 Muhammad Hafiz

    Back to top